Tiga Marketer Ini Ilmunya Daging Semua

Aef Setiawan
3 min readJun 18, 2020

--

Ketika masih kuliah saya suka eksplor banyak hal. Belajar filsafat, marketing, ekonomi makro dan mikro, teori budaya kepemimpinan dan entrepreneurship. Sebagian saya praktikan, sisanya sekadar pengetahuan.

Setelah lulus kuliah saya rasa perlu ada salah satu itu yang harus dalamin. Biar saya gak terlalu generalis banget, bisa banyak hal tapi setengah-setengah. Dan saya pilih marketing.

Kebetulan seminggu setelah wisuda virus covid menyebar dengan cepat. Semua orang dipaksa harus di rumah, termasuk saya juga. Waktu senggang yang banyak, saya pake selama buat belajar marketing lebih intens.

Nah, kali ini saya sharing beberapa tokoh marketing yang jadi rujukan buat belajar. Barangkali kamu juga pengen belajar tapi bingung ke siapa. List tokoh marketer ini siapa tau bisa bantu.

Tapi listing nya tokoh marketer dari luar negeri dulu ya, yang dalam negeri nyusul.

Russel Brunson

Russel Brunson

Ilmu marketing dari Russel Brunson ini daging banget karena ngajarin konsep marketing yang bersifat timeless. Maksudnya dia ngajarin konsep marketing yang gak mudah lekang oleh waktu.

Kata Russel Brunson, kesalahan banyak pebisnis itu terlalu fokus pada produk tapi lupa dimana pasarnya dan bagaimana menjualnya. Makanya seni belajar mendatangkan traffic adalah keahlian kunci bagai seorang pebisnis.

Dia nulis buku trilogi tentang bagaimana ngedatangin traffic. Dan, semua bukunya berbobot buat dibaca. Buat yang kepo tentang bukunya klik disini.

Derek Halpern

Saya belajar banyak bagaimana bikin blog yang menghasilkan penjualan dan ada yang baca. Derek harpern emang mastahnya urusan ngeblog. Saya belajar struktur cerita, struktur artikel dan konten blog dari nih orang.

Meskipun belum ada satupun tulisan saya yang ngasilin duit sih. Iyalah, nulis jelek aja belum apalagi yang bisa ngehasilin penjualan.

Derek Halpern juga ngasih beberapa pilihan ebook bagaimana menulis blog yang bagus. Buat kamu yang pengen belajar nulis blog, cuss klik link ini.

Mari Smith

Pengen belajar sosial media marketing? Langsung ke situsnya Mari Smith aja. Marketer satu ini spesialiasinya di sosial media marketing, wabil khusus Facebook .

Tulisannya menginspirasi saya mulai belajar marketing lewat facebook. Saya mulai jualan dari facebook marketplace. Karena fitur ini gak serumit seperti ngiklan dan pake pixel.

Eh ternyata jualan di facebook marketplace ada hasilnya, trus saya beli kursusnya waktu itu. Bukan kursus dari Mari Smith sih, tapi dari marketer dalam negeri aja.

Saya sudah nulis pengalaman jualan di marketplace di blog ini juga. Buat belajar facebook marketing bareng Mari Smith, klik disini.

Oke, itu tiga tokoh internet marketer yang bisa kamu ikuti dan pelajari ilmuanya. Next, saya mau sharing juga beberapa tokoh marketer lokal yang sharing ilmunya daging banget.

Boleh dishare kalau bermamfaat. Thanks.

--

--