Teamwork, Kerjsama, dan Kolaborasi

Teamwork

Teamwork adalah sekelompok orang yang punya ritme kerja, waktu kerja, intensitas, tujuan yang sama untuk meraih sesuatu. Ilustrasi sederhana adalah dalam permainan sepakbola.

Ada 11 pemain yang punya posisi, peran dan fungsi yang berbeda dalam 90 menit permainan. Tapi mereka memainkan ritme, intensitas, waktu dan tujuan yang sama. Yaitu memenangkan pertandingan.

Kerjasama

Menurut saya kerja sama itu dilakukan karena kita tidak memiliki suatu sumberdaya yang kita butuhkan. Sebaliknya, kita juga punya sumberdaya yang bisa dimamfaatkan oleh orang lain. Ilustrasinya saya ambil dari sepakbola.

Jika klub A tidak memiliki sistem pengembangan pemain muda, ia bisa bekerjasama dengan klub B. Sebaliknya jika klub tidak memiliki sistem pelatihan yang bagus, ia akan bekerjasama dengan klub A dalam urusan metode pelatihan.

Klub A dan Klub B punya tujuan yang berbeda. Dan mereka tetap fokus pad tujuannya masing-masing. Namun, untuk mencapai tujuannya, mereka butuh sumberdaya. Untuk menambal kekurangan sumberdaya tadi, bisa ditutupi dengan bekerjasama dengan pihak lain.

Namun, jika klub A dan B suatu hari sudah bisa memiliki kekurangan sumberdaya masing-masing, maka kerja sama bisa berakhir kapan saja.

Kolaborasi

Kunci dari kolaborasi adalah adanya ketergantungan antara satu orang dengan yang lain. Jadi antara satu pihak dengan pihak yang lain ada ketergantungan. Jika ada salah satu pihak yang wanprestasi, maka yang tarjadi adalah lose-lose. Sama-sama kalah.

Dalam permainan sepakbola, striker sangat bergantung aliran bola dari gelandang, bek sayap atau pemain bertahan untuk mencetak goal. Begitu juga dengan semua pemain lain, mereka sangat tergantung dari kemampuan striker mencetak goal atau minimal menciptakan peluang.

Jika gelandang dan striker tidak bisa berperan dengan seharusnya, tim bisa saja kalah atau tak bisa mencetak goal sebijipun.

--

--

--

Internet Marketer

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Aef Setiawan

Aef Setiawan

Internet Marketer

More from Medium

Goblins

Our Sonder World