Strategy Jualan di Facebook Marketplace

Aef Setiawan
2 min readJun 16, 2020

--

Saya pengen sharing pengalaman jualan di Facebook Marketplace dan dapat Omzet 250 juta dalam sebulan.

Buat yang belum baca cerita sebelumnya bisa baca disini ya.

Tapi saya gak sharing secara gimana detail cara jualannya. Saya mau sharing beberapa hal yang fundamental dalam marketing secara online. Khususnya ketika berjualan di Facebook Marketplace.

Kalau memang mau belajar serius bisa lihat disini.

Isi tulisan ini berasal dari apa yang saya pelajari dan praktikan. Karena fungsi blog ini memang buat sharing aja, siapa tau bermamfaat.

Oke, ini ada beberapa fundamental dalam belajar facebook marketing yang harus dipahami dulu.

Seni menarik traffic

Facebook punya pengguna yang besar di Indonesia. Artinya Facebook punya potensi pasar yang besar banget. Kamu bisa menawarkan apa saja pada mereka dengan peluang terjualnya sangat besar.

Mereka, para pengguna facebook, make facebook untuk beragam maksud (intensi). Ada yang buat kepoin status orang, nyari hiburan, nyari barang, atau ada juga buat gelud di kolom komentar.

Para pengguna dengan maksud beragam diatas itu namanya traffic. Kalau di dunia offline, ibaratnya mereka adalah orang yang lewat di depan toko. Gak semua orang yang lewat punya maksud berbelanja di toko kan?

Begitu juga di facebook. Gak semua orang main facebook buat beli barang. Tugas kamu sebagai seorang marketer adalah mempelajari bagaimana cara caper sama mereka.

Kalau pernah lihat badut Oppo yang suka gelud gak jelas dipinggir jalan, tujuannya buat cari perhatian sama yang lewat. Karena gemes lihat badut Oppo, orang jadi tau itu merk smartphone. Terus penasaran.

Jualan di Facebook juga sama. Kalau niat orang ke Facebook itu buat gelud di kolom komentar, kita bisa bikin iklan yang menarik perhatian mereka. Terus bikin mereka penasaran dan tanya-tanya.

Mereka yang penasaran sama apa yang ditawarkan ini namanya leads. Klik disini buat baca lebih lengkap.

Kenapa Jualan di Facebook marketplace powerful?

Seperti yang sudah saya jelasin diatas, tujuan orang main facebook itu macam-macam. Nah, kalau orang datang marketplace di Facebook maka kemungkinan besar pengen beli barang. Minimal kepo dulu.

Jadi mirip kaya orang pergi ke pasar. Kalau udah ke pasar pasti ada niatan mau beli. Begitu juga dengan facebook marketplace. Orang datang dengan niat pengen belanja.

Karenanya jualan di Facebook marketplace itu powerful banget. Kita tinggal nawaran produk yang kita punya aja. Nawarin barang ke orang yang sudah punya maksud mau beli itu lebih mudah, ketimbang nawarin orang yang niatnya cari hiburan di facebook.

Ini yang saya lakukan pas awal puasa kemarin. Saya jualan gula pasir karena menjelang lebaran pasti permintaannya tinggi. Dalam sehari saya bisa jualan sampai 2000- 3000 kg.

Karena orang yang datang ke marketplace facebook kebanyakn niatnya buat beli barang. Dan saya berhasil menarik perhatian mereka buat kepoin produk yang saya jual.

Saya sudah sharing juga bagaimana strategi menarik perhatian disini.

Kalau ingin belajar lebih dalam tentang jualan di marketplace Facebook, klik disini.

--

--