Productivity tools untuk fokus bekerja

unsplash.com

Akui saja hidup di zaman sekarang itu susah untuk fokus. Bahkan katanya, orang hanya bisa fokus dalam mengerjakan seuatu hanya dalam 15 menit. Sisanya? Entahlah.

Sebagaian besar penyebab hilangnya fokus adalah notifikasi atau keinginan browsing di Internet. Misalnya lagi baca buku nih, eh ada notif dari Instagram sama facebook. Konsentrasi buyar deh.

Itu baru Instagram sama Facebook, belum termasuk notif dari Whatsapp di gadget. Ini juga bisa memecah konsentrasi.

Nah, skarang bagaimana caranya agar kita tetep bisa fokus? Caranya pake alat. Tepatnya alat bantu produktif (productivity tools).

Ada tiga productivity tools yang saya gunakan untuk membantu saya tetep fokus. Dan alhamdulilah berhasil. Ketiganya akan saya ulas secara singkat.

Strict Workflow

Strict workflow adalah aplikasi untuk memaksa kita untuk fokus bekerja di dekstop. App ini akan memblokir semua website atau situs yang akan kita buka dan mengingatkan agar fokus kembali bekerja. Mantep kan?

Secara default applikasi ini menjadwal kerja kita dalam 25 menit dan Lalu 5 menit istirahat. Selama 25 menit waktu kerja, ia akan memblok semua koneksi ke situs di internet. Kita baru bisa membukanya saat waktu istirahat selama 5 menit.

Cara mengintall aplikasi ini mudah sekali. Saratnya kamu harus pake Google Chrome, dan menambahkannya sebagai ekstensi. Kamu tinggal googling di browser, lalu ketik strict workflow, setelah ketemu install sebagai ektensi. Kamu bisa menyalakannya dengan cara mengklik icon buah di pojok kanan browser.

Momentum Dash

Momentumdash adalah applikasi yang fungsinya untuk mengingatkan prioritas kerja kita hari ini apa. Dan prioritasnya hanya satu, tidak dua apalagi tiga. App ini membantu kita untuk menentukan apa kiranya yang paling penting, dan itu yang kita jadikan prioritas.

Sekadar informasi. Prioritas itu sebenarnya memang 1 saja, yang dalam bahasa inggris disebut priority. Tapi setelah tahun 1960-an, istilah priorities muncul dan prioritas tidak lagi menjadi satu. Penyebabnya karena mulai era itu terjadi lompatan teknologi yang memungkinkan seseorang mengerjakan banyak hal dalam waktu yang cepat.

Sehingga munculah mitos multitasking yang diyakini oleh millenial kebanyakan. Nah, app ini akan membawa kita ke masa sebelum 60-an dimana kita fokus pada satu prioritas saja yang paling penting.

Oke, kembali lagi ke app. Cara kerja momentum asyik. Ketika kita buka tab baru akan muncul pengingat apa prioritas kita hari ini. Ia dilengkapi walpaper yang menenangkan dan menyejukan. Mungkin biar kita tetap rileks menghadapi prioritas meskipun berat.

Bagi saya ini membantu banget, dan merasa selalu diingatkan.

App Forest

Salah satu yang paling menggangu fokus adalah gadget, ya gak? Kita bisa berlama-lama di depan gadget meskipun gak ada sesuatu yang penting. Nah, biar kita bisa fokus kerja dan mengabaikan gadget, Forest app ini sangat membantu kita fokus.

Caranya unik, seperti main game. Misalnya di pengaturan kita mau ngerjain suatu pekerjaan 60 menit (oh ya, paling mentok 120 menit), nah kalau kita gak pegang hape selama waktu 60 menit maka nanti kita bakal punya pohon yang tumbuh tinggi. Tapi kalau dipegang dan gerak, maka pohonnya bisa meranggas. Mati.

Kalau bagi saya ini asyik banget. Karena serasa seperti main game. Meskipun pengen banget megang hape, tapi rasanya sayang kalau pohonnya nanti mati.

Nah, itu aplikasi productivity tools yang bantu kita fokus kerja. Strongly recomended lah pokoknya. Silahkan dicoba.

--

--

--

Internet Marketer

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Aef Setiawan

Aef Setiawan

Internet Marketer

More from Medium

10 Important Features of Collaboration Tools for Powerful Collaborations

Productivity

World Productivity Day

Tech Products That Will Improve Your Productivity