Pahami Empat Hal Ini Sebelum Memulai WhatsApp Marketing

WhatsApp, yang sering kamu pakai buat berkirim pesan itu, sebenarnya bisa juga jadi aplikasi penghasilkan uang. Bahkan uang dalam jumlah besar. Mulai belasan hingga puluhan juta rupiah.

Tapi saya sudah tiap hari jualan di story Whatsapp tapi kok gak ada yang beli ya, mas?

Nah itu dia. Jualan di whatsapp gak cukup postang posting di story aja. Ada ilmunya, ada strateginya, dan ada teknisnya. Semua tahapan harus dilalui dengan benar.

Ini adalah blog pertama saya yang mengulas whatsapp marketing. Saya jelaskan konsep dasarnya dulu. Baru setelah itu ngomongin teknis dan strateginya. Tujuannya supaya nanti bisa melakukan whatsapp marketing dengan benar.

Gak cuma postang posting di story lagi ☺

Apa saja empat hal yang harus Anda ketahui, ini dia:

Whatsapp dibuat untuk komunikasi Personal

Whatsapp bisa buat berkirim pesan, gambar, video atau dokumen pada orang yang kamu kenal. Bisa teman, bisa gebetan atau saudara.

Kata kuncinya adalah berkirim pesan pada orang yang kamu kenal.

Kamu tidak suka kan kalau tiba-tiba ada yang ngirim pesan tanpa memperkenalkan diri dulu? Apalagi isinya pesan jualan produk. Bikin risih.

So, ini rules pertama yang harus kamu ketahui. Semoga kamu paham maksud saya.

Itu Artinya, Whatsapp adalah aplikasi privat

Privasi adalah ruang pribadi. Orang lain dilarang masuk tanpa izin. Ibarat kamu bertamu, nih. Jangan nyelonong masuk kamar tidur. Cukup di ruang tamu aja. Kecuali kamu dikasih izin.

Begitu juga whatsapp. Saat kamu pertamakali menghubungi orang baru kenalan sepatutnya. Kenalan layaknya orang baru kenalan. Jangan agresif. Bikin orang nyaman dan betah sama kamu dulu.

Tanda orang sudah kenal kamu adalah mau save nomor. Dengan saling save artinya saling memberi izin untuk berkirim pesan.

Meski sudah saling save, gak bisa juga langsung hajar jualan secara brutal ya. Sabar. Ada waktunya nanti ☺

Karena whatsapp private, maka menggunakan aplikasi ini sebagai channel marketing itu termasuk yang hard to enter. Karena butuh effort agar orang mau dengan sukarela saling save nomor dan nyaman dengan kita.

Tapi kalau sudah saling save nomor, kamu bisa jualan ke mereka dengan mudah.

Algoritma Whatsapp Peka Pada Pelanggaran Privasi

Algoritma whatsapp didesain agar penggunanya nyaman untuk berkirim pesan secara personal. Wajarnya orang menerima pesan itu paling banyak ya ratusan saja dalam 24 jam saja.

Jika kamu mengirim terlalu banyak pesan dalam singkat, maka Artificial Intelegence (AI) whatsapp akan mengira kamu melakukan spam.

Whatsapp juga tidak ingin penggunanya melakukan hal ini, karena akan menggangu pengguna lain. Jadi nomor kamu beresiko di blokir oleh Whatsapp.

Bagaimana Dengan Whatsapp Bisnis?

Meskipun whatsapp punya fitur bisnis, tapi pada dasarnya kamu hanya diizinkan berjualan pada orang yang sudah kamu kenal saja. Yaitu orang yang sudah saling save nomor dengan kamu.

Jadi jangan menawarkan produk secara brutal. Kamu bisa kena masalah jika mereka tidak suka, nomor kamu bisa di report.

Kamu bisa melakukan hardsell hanya dengan orang yang sudah saling kenal. Mereka bisa diberikan katalog, bisa lihat harga atau produk yang kamu jual.

Oke itu dia empat hal mendasar yang harus kamu pahami sebelum pakai whatsapp sebagai alat marketing.

Silahkan bertanya dikolom komentar. Pertanyaan terbaik akan saya jawab dalam bentuk artikel :)

Internet Marketer

Internet Marketer