Omzet 250 juta pertama dari Facebook Marketplace

Aef Setiawan
3 min readJun 16, 2020

--

https://unsplash.com/photos/8vTKvTdenyc

Pagi itu saya di telpon bapak. Saya disarankan untuk pulang saja ke kalimantan. Ia khawatir dengan kondisi saya karena saat itu virus Covid mulai menyebar luas.

Saya mulai bimbang. Jika saya pulang maka tidak ada yang bisa saya lakukan disana selama pandemi. Saya tinggal disebuah desa kecil dengan akses Internet yang sulit.

Jika pulang hidup saya mungkin akan terjamin. Namun tidak bisa melakukan banyak hal. Saya bisa tersiksa karena rasa bosan.

Tapi kalau tetap bertahan disini, resiko tertular juga besar. Sudah ada pasien positif Covid saat itu dikecamatan sebelah. Artinya virus ini sudah sampai kesini, ke Banyumas.

Selain itu, hidup saya juga tidak terjamin. Saya baru seminggu lulus kuliah saat itu. Tidak ada penghasilan. Uang tabungan juga sudah habis untuk ngurus proses kelulusan dan acara wisuda.

Mencari pekerjaan sepertinya tidak masuk akal. Semua sektor terdampak. Pendapatan bisnis terjun bebas. Karyawan sudah banyak dirumahkan.

Ditengah dua pilihan itu, akhirnya saya putuskan untuk tidak pulang. Namun, konsekuensinya saya harus bisa melakukan sesuatu untuk mendapat penghasilan.

Tapi bagaimana?

Belajar jualan di facebook

Pembatasan Sosial Berkala Besar (PSBB) sudah mulai diterapkan saat itu. Setiap orang harus tinggal di rumah. Maka jalan yang realistis buat dapat penghasilan ya melalui online.

Saya mulai mengetikan cara jualan online di facebook. Konon, banyak orang diluar sana yang berhasil mendapat banyak penghasilan.

Fokus saya saat itu sebenarnya sederhana. Bagaimana saya bisa mendapat penghasilan melalui online secara cepat. Dan Facebook ada dipilihan pertama.

Tapi bagaimana cara menghasilkan uang dari platform ini dengan cara sederhana? Saya tidak pernah jualan apapun sebelumnya di Facebook.

Soalnya pas jaman mahasiswa Facebook saya gunakan buat ngomentarin isu politik dan nyinyiri para politis. Ketimbang buat jualan dan ngasilin uang.

Saya coba ngontak temen saya yang Internet Marketers. Minta saran bagaimana cara jualan di Facebook. Dia menyarakan buat belajar cara jualan di Facebook marketplace aja. Katanya itu yang paling mudah.

Biar saya belajar dengan cepat, dia menyarankan untuk membeli kursus Internet marketing. Dia bilang dia juga dulu belajar marketing dari kursus itu.

Melalui pesan WhatsApp dia mengirimkan link kursus itu. Isinya tentang cara berjualan di marketplace Facebook.

Kalau ingin liat link nya, kamu bisa klik disini.

Di kursus itu mengajarkan secara detail bagaimana caranya berjualan di marketplace Facebook. Ternyata tidak semudah postang posting terus dapat duit.

Tapi ada strategi tertentu yang diajarkan supaya barang yang dijual dilihat banyak orang dan menghasilkan pembelian.

Atas saran teman saya putuskan untuk membeli kursus itu. Katanya anggap saja itu investasi. Karena untuk bisa berhasil harus mulai belajar menghilangkan mindset gratisan.

Dengan sedikit uang tersisa, saya membeli kursus itu. Dan mempelajarinya sungguh-sungguh. Saya belajar bagaimana melakukan riset produk, bikin call to action, bikin deskripsi dan mindset ngiklan yang benar.

Selanjutnya saya praktikan, saya mulai menjual barang di marketplace. Hasilnya, sangat menyenangkan saya bisa mendapatkan omzet 250 juta selama jualan satu bulan di Facebook marketplace.

Di tulisan selanjutnya saya mau sharing bagaimana memilih produk dan proses mendapatkan omzet tersebut.

Buat kamu yang pengen lihat kursus yang saya beli, bisa klik disini.

--

--