Leasure Project

Aef Setiawan
1 min readApr 12, 2018

--

Saya punya banyak ide yang berkelindan di kepala. Mulai dari ekonomi, manajemen, politik, agama dan kebudayaan. Ingin rasanya menumpahkan apa yang saya tahu dalam setumpuk tulisan. Tapi, kendalanya satu: saya belum terbiasa menulis.

Saya kepikiran untuk melatih kebiasan menulis. Selain kebiasaan membaca tentu saja. Untuk kali ini saya akan membuat tulisan yang ringan-ringan saja, terkait praktika saya sehari-hari. Isinya refleksi ringan gitulah.

Saya namakan project ini dengan #leasure project. Alias proyek diwaktu senggang. Misal saat bengong, saat nunggu dosen, atau saat boker. Tujuannya, selain sharing, saya ingin melatih kebiasaan menulis. Tidak ada niat untuk tulisan komersil, sehingga tak ada tendensi untuk menulis ciamik.

Project ini berakhir sampai saya seminar proposal skripsi. Itu saja tolok ukurnya biar gampang. Nah, untuk memudahkan menulis saya akan menyusun list tema :

1. Memahami esensi organisasi
2. Evolusi organisasi
3. Desain organisasi
4. Soal Visi dan nilai-nilai organisasi
5. Memulai organisasi
6. Human-centered organization
7. Flat organization
8. Perbedaan lembaga dan organisasi
9. Beda pemimpin dan manajer
10. Antara manusia dan organisasi

Sebenarnya masih banyak, akan bertambah sesuai situasi dan kondisi. Saya menargetkan 40-50 judul artikel di medium ini. Semuanya akan saya tulis hanya di waktu senggang saat pekerjaan lain telah usai.

--

--